Peluang Lulus Psikotes Masuk Kerja

Tes psikologi yang lebih terkenal dengan sebutan psikotest adalah salah satu tahapan dalam proses perektutan karyawan perusahan entah itu swasta, perbankan, hingga akademisi. Banyak pula perusahaan swasta yang juga menggelar psikotes ini dalam proses recruitment dengan tujuan mengukur aspek individu dalam hal psikis.

Umumnya, tes psikotes lebih menyasar kepada kepribadian. Maka dari itu, dalam penilaiannya, psikotes tidak berdasar pada tingkat kepintaran seseorang. Sah  saja peserta yang tidak terlalu pintar secara akademik dapat lulus psikotes mengalahkan peserta lain  yang lebih pintar. Dengan demikian, peluang lulus tes psikotes masuk kerja pun masih terbuka apabila Anda kurang percaya diri secara akademis. Namun demikian, Anda juga harus mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum mengikuti psikotes. Selain itu, hindari beberapa hal yang dapat memperkecil peluang lulus psikotes, antara lain;

  • Telat

Telat datang ke tempat tes membuat peserta panik. Kehilangan berapa menit saja dapat membuat peluang lulus Anda berantakan karena Anda tidak akan dapat mengerjakan soal yang diberikan dengan jumlah yang banyak sekali.

  • Mengantuk

Mengurangi kemampuan berpikir, memperlambat nalar dan mengacaukan fokus konsentrasi, kantuk bisa menjadi biang kegagalan Anda

  • Masalah perut

Sudah seharusnya Anda menjaga asupan untuk menghindari sakit perut yang mengganggu fokus dan konsentrasi. Selain itu, makan sehat sesuai porsi akan menjaga stamina selama proses berfikir.

  • Fokus

Salah memahami instruksi/ soal dapat berujung pada kesalahan menjawab soal. Pertahankan fokus dan jangan sampai lengah kepada hal lain selama tes berlangsung.

  • Terjebak

Menyelesaikan soal yang gampang lebih dahulu akan memberikan sisa waktu yang lebih banyak yang dapat digunakan untuk mengerjakan soal lain ataupun mengoreksi jawaban. Makin banyak soal terjawab, peluang lulus tes psikotes masuk kerja pun semakin besar. Namun demikian tetap teliti mengerjakannya.

  • Plin-plan mengerjakan EPPS

EPPS adalah tes kepribadian untuk mengukur seberapa valid jawaban Anda dalam soal yang diulang-ulang.

Untuk menjaga peluang lulus tes psikotes masuk kerja Anda tetap baik, maka sudah seharusnya mempersiapkan diri sebaik mungkin melalui latihan soal dan bertanya-tanya kepada mereka yang sudah pernah mengikuti tes tersebut.

Related posts: